Sunday, December 11, 2005

Menanti Januari

+628564911**** 5-Dec-2005
“Weh, tlg crkan ak FeSO4, ato timbal asetat.kal ada hub di noku,*hasan*”

+628133154**** 7-Dec-2005
“Eh awakmu saiki neng ndi? Internete nganggur g? aq prlu bngt cr Ltratur. Proyekq ky bkin pbrik pke total cost sgala. “

+628133154**** 8-Dec-2005
“Ass.Weh,ntar krtas saringnya bwen pulang aja bsk pagi mampir k kosq aja ya. “

         Ketiganya adalah sms dari salah seorang teman saya, yang mungkin merasakan betapa “menyenangkannya” kalo masih punya teman yang “masih di kampus”. Pernah juga saya pagi-pagi dapat sms dari salah seorang teman yang sedang training kerja :
” Carikan Kapasitas Panas H2SO4, Bls!”
Wadah!, sepertinya teman saya sedang berada di bawah tekanan, itu yang ada dipikiran saya, karena begitu saya balas dengan data yang ada di “Perry’s Chemical Handbook”, dimana kapasitasnya tidak tergantung pada suhu, teman saya langsung membalas untuk menanyakan Kapacitas panas pada suhu tertentu…….akirnya terjadilah saling balas-membalas sms antara saya dengan dia. Dalam hati saya berguman, “knapa juga gak Nelpon?”….beberapa hari kemudian dari teman saya yang lain, saya baru tahu, bahwa teman saya yang sms saya tadi sedang dalam masalah pelik…he…he…he…, Sebagai seorang engineer pemula disebuah pabrik, dia dihadapkan pada suatu masalah teknis tentang operasi dan peralatan, mungkin yang makin membuat dia panik adalah, para operator di sana, yang rata-rata sudah bapak-bapak (dan notabene calon bawahan teman saya) Sangat mengandalkan (apa nge-tes ya?...he..he..) teman saya itu…..
         Kadang saya merasa Bangga juga…(he..he..mungkin salah satu bentuk rasa untuk menghibur diri) bahwa biar gini-gini…sayalah orang di balik layar..ha..ha…ha....

Pertanyaan yang menipu.
         Dulu waktu awal-awal teman-teman lulus, saya sering sekali mendapat telepon maupun juga interkom yang diawali dengan kalimat seperti ini :

    - ” Halo, weh, Ebes ono ra?” ---- yang pakai kata “Ebes” adalah anak-anak mantan Lab. Saya, kata ”Ebes” sendiri merupakan kata ganti untuk pembimbing saya/Kepala Lab. (Ebes = Bapak)
    - ”Halo Heweh ya?....Eh Weh, ada Pak Minta gak?”---- kalo diawali dengan kata-kata seperti ini biasanya adalah teman seangkatan tapi tidak mengambil tugas akhir di Lab. Yang sama dengan saya, Lab. Lain.

         Pertama-tama saya berfikir, ”Kok aneh cari-cari P.Minta segala? Pas belum lulus aja gak pernah, sekarang pas sudah lulus malah nyari?.....” tapi pertanyaan tersebut segera terjawab begitu muncul pertanyaan kedua ...
”Komputermu bisa nge-print ga?”
         Nah ini dia pertanyaan intinya. Mereka, teman-teman saya yang sudah lulus, lumayan sering nge-print di Lab. Saya untuk mengirim aplikasi, apalagi aplikasi-aplikasi yang mendadak dan expired datenya sudah mendesak...ternyata “keberadaan saya di kampus” masih berguna juga.
         Biasanya sih mereka sungkan kalo ada Pembimbing saya di Lab. Tapi berhubung saya sering kesepian juga, begitu mereka telepon, langsung saya jawab,
“Ok aku tunggu di atas” (lantai 3-red),
ato begitu mereka menongolkan kepalanya di pintu langsung saya bilang,
“Masuk-masuk”
kadang-kadang suapaya lebih menarik lagi, kalo Pembimbing saya memang gak ada, saya tambahin dengan kata-kata,
“Masuk-Masuk, Aku sendirian kok”(ya...pokoknya kentara-lah kalo saya lagi kesepian dan butuh teman...).
         Biasanya-sih setelah mereka nge-print, mereka langsung pergi, tapi kadang-kadang bercanda-canda dulu, browsing, main game, apa baca-baca(yang ini lumayan jarang....:)
         Tak terasa, desember sudah, januari di depan mata. Penantian yang dulu akan terasa panjang, justru sekarang jadi terasa pendek, banyak hal terjadi,dan kekosongan nyaris tak pernah terjadi. Terinspirasi, Spongebob the squarpant, film yang saya nonton tiap pagi sebelum berangkat ke kampus, dimana Patrik menyemangati Sponge Bob, saya mulai juga menyemangati diri sendiri :
“Ayo kamu bisa....Januari sebentar lagi”

0 komentar teman saya...:

Post a Comment

<< Home