Wednesday, November 23, 2005

Kembali Kuliah....Ingat segala lupa

         Dua hari ini saya kembali kuliah (ini bukan pembelaan lho...seakan-akan saya bangga kalo belum lulus tapi sudah selesai kulaihnya, bukan itu maksud saya). itupun bukan kuliah reguler, kuliah tamu dan workshop (tapi saya lebih suka menyebutnya kuliah, karena waktunya terlalu pendek).
1. Kuliah Tamu from Malay...
         Pagi-pagi pas sedang ngetik, tiba-tiba pintu ruangan saya dibuka (saya sudah tau siapa yang membukanya - Bapak Pembimbing saya, karena saya tahu, cuma saya dan beliau yang ada di Lab. pagi itu)
"Iya Pak"
"Yang lain mana? kamu gak ikut, ada kuliah tamu tuh di ruang sidang"
" Kuliah Katalis Pak" (...sok tau..)
"Bukan, ada kuliah tamu Professor dari Malaysia, kamu ikut saja, kasian sudah jauh-jauh datang kalo gak ada yang datang"
( yah, Bapak...kirain apa?), Akirnyapun saya datang ke ruang sidang.
         Usut punya usut, ternyata Professor dari Malay tadi adalah keynote speaker pada Seminar Nasional Fundamental dan aplikasi Teknik Kimia yang diadakan jurusan saya keesokan harinya, jadi berhubung beliaunya datang lebih awal, ceritanya "dimanfaatkan" untuk memberi kuliah pada mahasiswa di jurusan. yang datang banyak juga (saya kira saya sendiri..:). Kuliahnya sih lebih tepatnya disebut pemaparan prospektus kampus Prof. tadi....sampai di sini sepertinya sudah tidak ada yang diceritakan...kampusnya lebih bagus, terutama fasilitas lebolatoriumnya (integrated Lab!) dan juga syarat proposal research-nya itu lho...baru disetujui kalo memang sudah jelas ada Commercial-partnernya di industri...yah setidaknya apa yang didengung-dengungkan disini bahwa ada keterkaitan antara dunia industri dan akademis sudah benar-benar berlangsung di sana...
banyak pertanyaan diajukan,tapi gak ada yang menyinggung perasaan...yang menyinggung perasaan tuh misalnya : pertanyaan OTT dengan kuliah tamu hari itu...Dr Azhari(itulah kelebihan Bangsa kita..tepo seliro)...coba kalo tanya, trus dijawab gini: "Iyah tapi pengikutnya kan banyakan orang Indonesie"....ya malu-lah:). yang menarik bagi saya : Logat melayunya, saya jadi ngerti apa pembicaraan beliau hari itu karena saya tidak ingin kelepasan satu kata dari beliau yang sering mengundang pertanyaan...misalnya begini : Kami punya program yang menghabisi mahasiswa S1 dalam 4 tahun...(menghabisi=meluluskan...wow pilihan kata yang sadis ....)
2. Workshop Teknologi Katalis
         Himpunan Mahasiswa ternyata panjang akal juga, salah seorang pemakalah di seminar teknik kimia tadi diminta untuk memberi workshop singkat tentang Teknologi katalis. Fasilitator seminarnya menarik juga, bekerja di lapangan industri tapi punya gelar Doktor. "Wah berarti ahli" itulah alasan saya kenapa ikut workspop, selain tagline di poster kegiatan yang mengharuskan peserta membawa kalkulator. kalo kuliah katalis sendiri sih saya sudah pernah ikut setahun yang lalu. pelatihannya sendiri berlangsung menyenangkan, maklum fasilitator workshopnya alumni sendiri...jadi tau lah suasana kuliah dikampus gimana....dan ternyata workshop-nya tidak langsung ke pokok permasalahan, katalis, tapi memberi overview dulu mengenai pabrik Amoniak PKT......saya jadi ingat tuh sama yang saya pelajari pas kerja praktek di Amoniak-nya Pusri dulu..tapi dibanding ingatnya...lebih banyak lupanya...tapi baunya Amoniak dah hapal kok:)...dulu sebelum presentasi saya sampai "nglonthok"(kata orang jawa) mempelajari pabrik Amoniak bahkan beserta Urae dan Utilitas-nya, sekarang??? nglontok beneran alias kabur entah kemana...sudah banyak yang lupa...., (wah jadi tersadar harus belajar dan baca-bca lagi nih). Fasilitatornya sendiri cukup pengertian pula:), setidaknya studi kasus di akir acara tidak ada perhitungan kinetika yang banyakan turunannya...yah meskipun sudah berbekal kalkulator, jam 3-4 sore bukan waktu yang tepatlah untuk hitung-menghitung katalis untuk reaktor berpengaduk, reaktor plug, reaktor dengan bed katalis tapi katalisnya beda dan ada quenchingnya persamaan difusi reaktan dalam bidang permukaan aktif reaktan...oh tidak...sudah banyak yang lupa:)....harus belajar lagi...(ayo baca-baca-baca)

0 komentar teman saya...:

Post a Comment

<< Home