Tuesday, August 30, 2005

"Hey"

Hey!

Hey!
angkat wajahmu
bermuram durja tak guna
susunlah lagi rencana
yang harus engkau benahi
bangun jiwa, bangun raga bijana!
Hey, Bertahanlah!
Kegagalan adalah satu sukses tertunda
jangan ragu
tetap pada arahmu sejak dulu
keyakinan, pengharapan
teguh dalam tujuan

Bekerja dengan cinta
bagai sang Pencipta
membentuk citra insaninya,
satukan dirimu
seutuhnya...
sebar benih dengan kemesraan
hingga panen tiba
kita tuai kegirangan
satukan dirimu
seutuhnya...

Hey, siagalah!
raih kesempatan begitu kau jumpa
atur nadimu seiring irama bumi mengalun
bangun jiwa, bangun raga bijana!
(Katon Bagaskara, medio 1991)


         Tidak sengaja, kemarin menemukan salah satu buku saya yang jadi favorit saya semasa SMA. Bulan Dibuai Awan - kumpulan puisi-puisi Katon Bagaskara.Buku tersebut diterbitkan tahun 1996,dan puisi-puisi yang terkumpul di dalamnya merupakan lirik-lirik lagu yang ditulis Katon Bagaskara baik untuk Kla Project maupun karir solonya. Puisi dengan judul "Hey" yang saya sertakan diatas sendiri terdapat pada album Kla Project - Pasir Putih (1992).Katon memang dikenal sangat puitis dalam menulis lirik. Saya sangat menyukai puisi dengan judul "Hey" karena selain puitisnya, saya sangat tergugah dengan isinya, begitu menggelorakan baik dari arti yang tersirat maupun yang tersurat di dalamnya. Semangat baru untuk selalu berbenah. Selain karena isinya, buku tersebut menjadi sangat berkesan dan istimewa bagi saya karena "Art"-nya yang dikerjakan oleh Dimas Djajadiningrat, yang menjadikan buku ini semakin indah dengan bebagai karya foto dan grafisnya. hingga akirnya list winamp saya memutar album Klakustik (1996), lagu dengan judul yang sama dengan puisi tersebut dibawakan dengan penuh semangat untuk berbagi energi untuk selalu memandang hidup tanpa keluh kesah oleh Katon-Lilo-Adi dengan intro syair dari pujangga besar Kahlil Gibran yang diambil dari master piece, Sang Nabi.
Kerja adalah cinta yang mengejawantah...
dan apabila engkau tiada sanggup bekerja dengan cinta...
maka akan lebih baik jika engkau meninggalkannya...
dan mengambil tempat di depan gapura candi...
meminta sedekah dari mereka...
yang bekerja dengan suka cita...
(Kahlil Gibran)

0 komentar teman saya...:

Post a Comment

<< Home