Thursday, August 25, 2005

Catatan Akhir Sekolah...kenangan masa SMA.....


    Ceritanya kemarin ada temen yang bawa VCD " Catatan Akhir Sekolah" terus nonton bareng-bareng, ternyata filmnya bagus banget, lebih realistis dan natural. ( pokoknya jangan pernah membandingkan dengan sinetron-sinetron remaja di tv-tv yang ampir tiap malem ada...yang sering gak jelas "juntrung"nya, gak masuk akal dan ikut-ikutan tren...musim sinetron hantu, disisipin sundel bolong, musim sinetron dengan aktor animasi, disisipi animasi yang sumpah!...ancur banget, trus musim sinetron religius, ikut-kutan dengan membelokkan jalan cerita..... Berbeda dengan "Ada Apa Dengan Cinta"-nya Dian Sastro yang lebih banyak memandang dari sudut cewek dan percintaan semasa SMA dan juga "Virgin" dengan kehidupan cewek-cewek "kontroersial"-nya, film ini lebih cowok, ato bisa dibilang cowok banget. Pokoknya gak salah film ini di beri judul "Catatan Akhir Sekolah", soalnya hampir semua kejadian masa SMA (terutama yang dilakuin cowok-cowok) dirangkum dalam film ini. Oya, akting Vino G Bastian di sini OK banget, kalo pernah liat aktingnya di film " 30 Hari Mencari cinta", dimana dia berakting menjadi cowok yang feminim, di sini dia bisa berubah total dan bagus banget meranin cowok SMA bengal ( sepertinya MTV Movie Awards kemarin salah pilih deh...) sedangkan dua orang pemeran utama yang lain gak kalah bagus juga aktingnya yakni VJ Ramon dan Marcel, serta peran-peran pembantu yang bener-bener bisa membuat film ini natural, tampak nyata dan bagus banget.
Beberapa scene yang mengingatkan saya akan masa-masa sekolah :
1. Cabut dari sekolah dengan melompat pagar :
        Dulu, jaman sekolah saya sering sekali melakukannya, tiap hari jum'at!. Bedanya, kalo di film lompatnya digunakan untuk cabut dari sekolah ( buat yag pernah sekolah ngaku aja deh, cabut dari sekolah akan jadi cerita legendaris saat Reuni tapi jadi cerita yang "haram" kalo diceritakan ke anak-anak kita...he...he..he..), saya melakukannya untuk tujuan untuk sesuatu yang "berpahala", yakni sholat jumat!(begitu kira-kira alasan saya waktu itu..he..he..). Kok Bisa????....jadi gini ceritanya, bukannya sekolah saya gak ada mesjid, tapi jumatan di sekolah tetangga (...sekolahnya Mas Sonny Ervan tuh...he..he..he...) lebih "enak", maksudnya selain mesjidnya dua lantai (tentu saja milih di lantai yang berbeda dengan khotib.., biar bisa santai...), sholat jum'atnya lebih cepet dibanding sekolah saya, jadi pas pulang Jum'atan sekolah saya masih khutbah sehingga duduk dulu agak lama ( nyantai lagi maksudnya..:). Nah Cara lompat ke sekolahnya Mas Sonny Ervan itu gini....naik ke lantai dua deket perpustakaan....trus hop!... lompat ke atap kamar mandi....( awas!...ati..ati..gentingnya licin) trus...hop!...lompat ke pagar pembatas antar sekolah ( jaga keseimbangan...punggung temboknya gak lebar2 amat )...trus hop!..lompat ke lantai 2 sekolahnya Mas Sonny Ervan...trus turun lewat tangga.....nyampai deh ke mesjid:).....tentu saja nyari tempat lantai dua mesjid dan agak belakang...he...he..he...
2. Maen ke rumah teman sampai malam
        Bisa dipastikan,tiap geng di sekolah ada rumah salah satu anak yang dijadikan "markas". jadi tiap pulang sekolah kalo main...ya ke situ. biasanya rumah yang dipilih adalah rumah yang enak (...buat makan siang...maksudnya:), banyak mainannya..( ya..iya-lah..namanya juga mau main)...trus yang lebih penting....he..he..he...yang orang tuanya jarang di rumah.......kurang apalagi coba???....
3."Nonton Film" bareng-bareng di rumah temen..
        tau kan maksudnya....( Awas! jangan pura-pura nggak tau lho), pokoknya acara "Nonton" menjadikan suasanya jadi tegang banget, ya karna "film"nya dan juga karena takut ketahuan sama orang rumah...(makanya biasanya lebih nyaman main ke rumah temen yang ortunya jarang di rumah)
4.Nyontek
        siapa sih yang gak pernah nyontek di kelas saya?? mungkin hanya temen saya yang ikutan Olimpiade Matematika di Korea, nyontek di sini maksud saya bukan hanya ngeliat buku lho...tapi tuker2an jawaban lewat kode-kode, rata-rata temen saya jarang sekali yang nyontek buku (hanya 1-2 anak mungkin), biasanya mereka tanya kiri kanan-minta pertimbangan...he...he...kalo saya? jelas saya mending nanya2 aja daripada liat buku...Gak efektif dan kelamaan!...tapi nyontek ini gak berlaku pas Ebtanas dan UMPTN lho.....bisa-bisa dikeluarin dari ruangan, biasanya sih cuma pas ulangan harian aja....
5. Di-Strap
        saya dan temen-temen pernah di-strap lantaran lalai masukin matras senam sehabis olah raga, berhubung yang nye-trap guru olah raga jadi nyetrapnya di lapangan, jadi kami disuruh tidur berjajar di lapangan seperti pindang trus di"selimuti" dengan matras senam....disetrapnya pas jam istirahat, jadi ditonton anak satu sekolahan. gak ada yang berani melawan...lha wong gurunya mantan atlet gulat pemegang medali perak asian games Beijing....badannya gede
6.Pentas Seni
        Kelas saya tuh tiap kali ada audisi operet pengisi acara pentas seni ( yang lumayan sering) didadakan di sekolah saya, selalu ikut...meskipun gak sekalipun berhasil...he..he...he...banyak cerita yang kita angkat...dari Malin Kundang sampai Titanic( waktu itu lagi booming banget lhooo...film itu) kami parodikan ala P-Project.

....baju paling berkesan,..putih abu-abu...

7.17-an
        Gak ada pelajaran...yang ada adalah lomba-lomba...saya ikut lomba bakiak, atau kalo gak lomba biasanya ada yang bawa raket, berhubung kelasnya bekas bangunan belanda yang langit-langitnya tinggi, tinggal nyingkirin kursi, main deh..badminton.....
8. Lomba antar kelas
        ceritanya kelas saya tuh taip taun sekali memprakasai lomba sepak bola setiap tahun (selain yang diadain OSIS tiap 17-an)...dan hasilnya kelas kami selalu kalah....pernah ingat waktu itu saya jadi penjaga gawang tim B (tim "ecek-ecek") kelas saya...pas penalti saya merem...eh ternyata ditendang pelan dan gol (tentu saja...lha wong yang njaga merem)
9.Nyumbang prestasi pada sekolah
        ada temen banyak temen saya yang tiap minggu menang lomba (entah itu matematika, fisika, kimia dll)dan tiap kali selesai upacara bendera hari senin biasanya ada acara ( kalo di sekolah saya namanya "Gema Almamater")penyerahan piala mereka ke sekolah.....kalo ngeliat prestasi sekolah saya, orang tua mana sih yang gak kepingin anaknya sekolah disitu......
10. Pengajian setiap bulan sekali
        biasanya dilakukan di rumah temen yang bersedia di tempati...pengajiannya enak banget, acara "inti" nya cuma 1/2 jam (Soalnya pas ustadnya membuaka tanya jawab yang nanya dikit) tapi acara "Utama" alias makan-makannya dan ngobrol lama....sampai sore.
11. Sweet Seventeen
        Pokoknya kalo dah masuk kelas 2 bulan-bulan akir dan kelas 3 bulan-bulan awal yang ada adalah traktiran atau undangan ke temen yang Sweet Seventeen...makan...makan...makan....
12. Cinta...cinta dan Cinta
        memang saya gak sempet pacaran pas SMA, tapi saya punya pujaan hati yang sampai sampai saya kejar-kejar di GOR Kertajaya he..he...he...terlalu hiperbolis ya???...maksudnya waktu itu lagi EBTA praktek lari, baru beberapa putaran dia dah gak lari tapi jalan...kata temen-temen "Ayo di semangatin" ya udah saya lari aja dibelakangnya...eh...lama-lama dia lari lagi....(malu nih cerita yang ini.....)

...Miss U All Friend.....

13. Konvoi....
        Kelas saya itu unik, jadi kalo sekolah-sekolah lain kovoinya pas acara kelulusan yang biasanya keliling kota dan nyemprotin seragam sekolah dengan pilox warna-warni, kelas saya melakukan konvoi sebelum ujian nasional, kami konvoi keliling mengunjungi rumah-rumah guru kami untuk minta doa restu sebelum ujian, habis salaman biasanya diberi petuah-petuah bijak yang menenangkan sebelum ujian....(Jadi kangen sama guru-guru saya nih...), trus pas kelulusan kita dateng ke rumah wali kelas...ngobrol-ngobrol trus nyegat tukang bakso yang lewat trus makan-makan....( So sweeet.....)

1 komentar teman saya...:

At 3:53 PM, Blogger E B YBilang...

Amat menyenang ketika masa sekolah. Dari masa ke masa garis merahnya hampir sama. Back ground nya aja yang membeda dari satu masa ke masa lain.

Waktu jaman perang dan jaman internet, tentu beda macam kenakalan. Tapi pada intinya sama. Semua menyerempet tantangan.

Apapun. Masa remaja adalah masa yang paling indah.

 

Post a Comment

<< Home